Tuesday 10 October 2023

Pasang Kabel Buat Modifikasi Audio Mobil, Pakar Anjurkan Ukuran Segini

kabelnaudio | Pasang kabel buat modifikasi audio mobil, pakar anjurkan ukuran segini.

Kabel menjadi komponen yang penting dalam modifikasi audio mobil.

Dari kabel audio yang mengalirkan arus listrik dan sinyal frekuensi, besarnya ukuran bisa menentukan kualitas suara yang dihasilkan.

Suryadi Susanto, pemilik yang juga instalatur bengkel spesialis audio mobil Dynamics Autosound, Sunter, Jakarta Utara punya racikan tersendiri dalam penggunaan kabel audio untuk speaker."Audio yang saya install kabel speaker seluruhnya pakai ukuran 2 AWG," ungkap Suryadi. Menurutnya, ukuran kabel yang lebih besar hasilnya lebih bagus. Idncash

Bagus ini dalam arti untuk penyaluran arus listrik dan sinyal frekuensi yang lebih tidak terbatas dan maksimal.

"Biasanya ukuran 2 AWG dipakai untuk subwoofer karena mengakomodir arus listrik yang besar," terang Suryadi.

"Kalau salah satunya diganti kabel lain atau bermasalah, suara high bisa mendem dan bass-nya juga bisa lebar atau pecah," lanjut Andre. Andre menuturkan bahwa orang Indonesia kebanyakan masih menganggap hanya kabel RCA yang berpengaruh signifikan pada keluaran bunyi audio. "Pandangan ini tidak benar, seluruh bagian penting tak terkecuali kabel termasuk kabel power. Oleh karenanya ada beberapa produk kabel khusus untuk audio, tak hanya bagian-bagian luar saja," kata dia.

Kendati demikian, ia tak menampik bahwa kualitas bunyi yang dihasilkan oleh audio banyak dipengaruhi oleh perangkat audio di luar kabel (lebih dari 30 persennya). "Biasanya kalau mau ngatur pembelian untuk modifikasi audio mobil, 70 persen budget untuk beli perangkat dan 30 persen buat beli kabel. Ini harus ada keseimbangan dan jangan sepelekan pengaruh kabel untuk menciptakan output maksimal pada audio," kata Andreas.

No comments:

Post a Comment

Kabel dan Audio: Kombinasi Penting untuk Kualitas Suara Terbaik

kabelnaudio  -  Dalam dunia audio, kualitas suara yang dihasilkan tidak hanya ditentukan oleh perangkat audio itu sendiri, tetapi juga oleh ...